Yang Membuat Aku Yakin Adalah Kamu!

Sebelum membaca cerita ini secara full ada baiknya baca cerita ini agar mengerti alurnya.

Siang terik diluar, sepertinya matahari sedang marah karena beberapa hari kemarin dia sempat tidak diberi kesempatan untuk memancarkan cahayanya karena awan mendung yang tebal menutupi total dirinya. Gue yang sedari pagi sudah berada di kampus dan siang ini seharusnya sudah pulang sepertinya enggan untuk beranjak pergi dari gedung ber-AC ini, disini tempat yang gue anggap seperti neraka dunia karena berulang kali menyiksa atas skripsi gue yang gak juga kunjung terselesaikan akan menjadi tempat berteduh dari jahatnya sinar matahari. Tadinya gue pikir aku akan menghabiskan waktu terus bersama laptop gue yang memang selama sedang mengerjakan tugas akhir ini selalu gue bawa ke kampus untuk memudahkan pekerjaan penyelesaian skripsi, tapi tiba-tiba seseorang menepuk pundak gue dengan cukup keras dan terasa lumayan sakit. Tentu gue berpikir “ah tukang pacul mana nih masuk kampus nyapa-nyapa gue?” ternyata itu Nadya, si monyet kera lutung hanoman orang utan beruk maskot dufan. Gila banget emang nih cewek, cakep-cakep sekalinya nepok pundak orang gak pake ngeker tenaga main gebuk aja.

“Sendirian lo Cut?” Sapa Nadya.

Sambil ngusap-ngusap pundak gue yang emang sumpah beneran sakit gara-gara ditepok Nadya gue menjawab dengan nada sedikit kesal “kagak, nih gue sama si item kesayangan gue. Kenapa? Lo sama siapa?”

“Dih elah, kenapa sih pundak lo? Sakit tadi gue tepok? Cemen amat sih lo baru gue gituin aja kesakitan, si Onal aja gue tepok-tepok mulu kagak pernah kesakitan. Gue nungguin Onal nih dia lagi ke ruang dosen nyari dosen pembimbingnya, skripsi lo udah sampe mana Cut?” Ujar Nadya.

“Ya gak usah ngomong kalo Onal yang ditepok, jelas lo nepoknya pas lo bedua lagi sange mana bisa dia ngerasa sakit, itu jadinya malah sensasi seksual hahahaha.” Jawab gue asal.

“Sialan apem busuk!” Nadya kesal.

Gue dan Nadyapun mulai membahas pembahasan yang sebenernya gue males buat dijadikan sebagai bahan bahasan, tapi mau bagaimana?! Sepertinya ini terhitung bukan sedang membahas skripsi tapi sedang melakukan session curhat bertemakan skripsi dari gue ke Nadya. Selang beberapa saat obrolan gue dan Nadya terputus karena Onal pacar Nadya datang dengan gaya slowmotion serta diiringi oleh lagu soundtrack di film six million dollar man. Basa-basi dan obrolan tiga arahpun terjadi, tapi seperti biasanya obrolan Onal dan Nadya emang selalu sambung menyambung, tapi begitu gue harus memberi tanggapan obrolan itu langsung keluar dari topic aslinya sayang sekali. Akhirnya gue memutuskan untuk pulang karena cuaca juga sepertinya sudah mendukung dan matahari udah bisa ditaklukan oleh pawangnya.

“Nad, Nal gue balik duluan ya di luar mumpung lagi adem.” Pamit gue.

“Yaelah buru-buru banget lo Chan mau kemana sih? Jomblo aja balik buru-buru, haha..” Saut Onal.

“Eh sialan haha, mau balik aja refreshing boy.”

“Oh iya Cut, sabtu besok lo ikut ya! Gue sama Onal mau ke puncak.” Ujar Nadya.

“Ha? Ngapain gue ikut? Lo bedua mau ke puncak asmara gue ngikut. Gue mau lo bedua suruh rekamin adegan lo berdua gitu?”

“dasar kancut! Lo tuh bener-bener ya otak isinya selangkangan doang! Ada sepupunya Onal juga yang dari Aussy jadi lo bisa nemenin dia.” Ucap Nadya kesal.

“Hahaha.. iya iya sabtu kan? Oke sip siap berangkat! Kabar-kabarin aja. Gue balik ya bye.”

Diperjalanan pulang entah kenapa gue merasa excited sama ajakan Nadya buat ngikut ke puncak, apalagi ada sepupunya Onal hehe. Eh tapi emangnya sepupu si Onal itu cewek? Nah kalo cowok biar mampus gue disuruh nemenin cowok sedangkan Onal sama Nadya berduaan di puncak yang dingin. Waduh nyesel deh gue main iyain aja cuman gara-gara disebut ada sepupunya Onal.

Malam sabtu, gue ke rumah Nadya buat menuhin tantangan Rano adiknya Nadya buat ngadu PES. Nadya gak ketinggalan, dia ikutan nimbrung di kamar Rano. Sementara gue dan Rano asik mengadu taktik dan strategi di game sepak bola ini, Nadya asik ngajakin gue ngobrol yang bikin gue gak konsen ngehadepin serangan dari pemain-pemain Rano.

“Cut, besok lo jadi ikut kan? Berangkat pagi ya! Jam 5 lo udah sampe sini terus kita ke rumah Onal.” Kata Nada.

“Hah? Jam 5 sampe sini? Kenapa gak dari tadi lo bilang biar gue langsung nginep sini jadi gue udah siap-siap.”

“Goal!!!” Tiba-tiba teriak Rano karena berhasil mencetak angka dengan menjebol gawang Iker Cassilas gue.

“Ah gila lo licik banget No, gue lagi ngobrol sama mbake lo malah ngegolin! Lo sih Nad ngajak gue ngobrol aje ah.” Omel gue.

“Idih, kalah mah kalah aja Cut! Alibi banget lo kayak koruptor haha.” Ujar Nadya.

“Haha, eh itu sepupunya Onal jadi ikut? Cewek apa cowok deh? Ntar tauknya cowok males banget gue, lo beduaan di puncak sama Onal masa gue sama cowok.”

“Cewek kok Cut, tapi ...” Jawab Nadya agak tanggung.

“Ah? Tapi apaan?”

“Tapi lo liat sendiri aja deh besok, cewek kok sepupunya. Udah sana lo balik besok kesini jam 5! Abis subuh lo langsung berangkat dari rumah.”

Secara gak langsung gue udah ngerasa diusir sama Nadya, tapi karena emang harus berangkat sepagi itu yasudah, gak enak juga sama Onal kalo jadi telat dan kena macet dijalan. Guepun pamit pulang dan di rumah gue siapin barang-barang yang bakalan gue bawa. Keesokan paginya gue udah siap sesuai dengan permintaan Nadya sekitar jam 5 lewat 10 menit gue udah sampe didepan pager rumahnya, tapi begitu menyakitkannya ketika Nadya baru bukain pintu rumahnya jam 5.30 karena dia masih tidur waktu gue sampe di rumahnya. Ternyata gue dianggap orang yang sering ngaret jadi seharusnya gue bisa dateng jam 6, tapi Nadya bilang jam 5 biar gue gak ngaret, kalo dia bilang jam 6 pasti gue datengnya jam 7 ckck gue bener-bener udah dibodohi sama ni monyet satu.

Jam 6 tepat gue dan Nadya berangkat ke rumah Onal, di rumahnya Onal udah bersiap dan gue langsung menaikkan barang-barang ke dalem mobil. Sambil nunggu gue mendengarkan musik di teras rumah Onal, waktu lagi asik dengerin lagu-lagu dari sum 41 tiba-tiba ada seorang anak kecil yang keluar dari dalem rumah dan dengan ramahnya memberi gue bola karet ukuran anak-anak seperti mengajak gue buat bermain. Guepun langsung mematikan musik dari handphone gue dan menuruti kemauan anak itu, dia tampak gembira dan terlihat lepas bermain dengan gue orang yang nyatanya belum dia kenal. Tanpa gue sadar beberapa saat gue bermain dengan anak kecil itu ada seseorang di pintu yang memperhatikan, seorang cewek yang aku tidak tau dia itu siapa.

“Biasanya dia gak pernah mau main sama orang asing loh.” Ujar cewek itu.

Gue kaget dengan pernyataan cewek itu, “Ah masa? Ini dia seneng-seneng aja deh.”

“Namanya Gilang, pasti kamu belum tau kan?” Cewek itu menyebutkan nama anak yang daritadi bermain sama gue.

Entah cewek ini siapa, tapi yang jelas dia cantik dan gak tau apa yang lagi nongkrongin pikiran gue pagi-pagi gini, gue pengen banget kenal sama nih cewek.

“Ooh Gilang namanya, kalo situ punya nama juga kan?” Celetuk gue.

Sambil tersenyum manis cewek itu menyebutkan namanya. “Aku Ressy, mamanya Gilang.”

Bagaikan tersambar petir di donat bolong gue sontak kaget, muda cantik mempesona tapi sudah menjadi seorang ibu?!

“Oh udah ketemu, udah kenalan belom?” Nadya tiba-tiba keluar ngeledek gue.

“Haha, yuk berangkat udah siang nih.” Kata Onal.

Kita berlimapun berangkat menuju puncak menaiki mobil Onal, gue, Nadya, Onal, Ressy dan Gilang si kecil yang sepanjang perjalanan gak ada abisnya ngoceh ini itu sambil dipangku ibunya dikursi belakang. Sejujurnya gue emang suka main sama anak kecil, tapi kalo udah berada ditempat sempit dan tuh anak ngebacot teriak-teriak terus gue jadi enek sendiri. Tapi gak mungkin juga gue yang duduk disebelah emaknya tuh anak ngeluarin muka kesel, gue coba alihkan dunia gue untuk sementara ke musik dari handphone gue, tapi bener-bener anak ini pengen banget gue ajak main berulang kali headset yang gue pasang dia tarik sampe lepas dari kuping gue, dan gue putuskan buat gak lagi dengerin lagu karena percuma tiap pasang headset langsung ditarik sama si Gilang.

Sekitar 1,5 jam diperjalanan akhirnya sampe juga kita berlima di villa yang dituju, langsung kita ambil posisi dan beres-beres barang bawaan. Seselesainya itu kita kumpul lagi di halaman villa, ini villa punya orang tua Ressy jadi dia tau semua seluk beluk villa ini. Tadinya gue mau bener ngehabisini waktu dengan ngehirup udara pegunungan yang seger sambil tidur-tiduran di atas rumput tapi lagi-lagi karena si Gilang yang semakin gila ngajak gue main terus waktu santai gue jadi berantakan, tapi bagusnya kali ini gue gak cuman sendirian ngehadepin nih anak kecil, tapi Ressy ikutan nimbrung main sama gue dan Gilang ya itung-itung hiburan juga sih.

Sambil main bertiga, gue putusin buat banyak ngobrol sama Ressy cari tau tentang dia, jujur gue bener-bener ngerasa penasaran buat tau lebih banyak tentang sepupunya Onal yang satu ini. Akhirnya dia banyak buka cerita dan sedikit menjurus ke curhat, umurnya 1 tahun dibawa gue, dia lulusan SMA di Aussy tadinya mau lanjutin kuliah disana tapi dia gak mau dan ngotot buat pulang ke Indonesia buat kuliah sambil kerja menuhin kebutuhan anaknya. Dia lebih memilih Indonesia karena biaya hidup disini gak sebesar biaya hidup di Aussy, jadi setidaknya dia gak terlalu sulit buat menghidupi si Gilang.

Selama berada disini gue dan Ressy tampak semakin akrab, apalagi setelah pulang dari sini gue makin sering ketemu sama dia karena gue nemenin dia cari kampus yang bonafit dan sekalian cari tempat kerja yang menerima part timer buat dia dan sekaliang buat gue juga. Entah kenapa gue bersedia banget buat ngelakuin ini semua, padahal gue baru kenal sama dia, ya tapi gue anggep ini sebagai langkah gue buat makin deket sama dia, dan sepertinya gue udah mulai bisa sayang sama dia. Kedeketan gue sama Ressy juga bukan cuman gue yang berkorban dengan nganterin dia kesana kesini, tapi dia juga paham kewajiban gue buat selesain skripsi gue jadi dia turut andil dalam penyelesaian skripsi gue ini. Walaupun beda 1 tahun dibawah gue dan dia baru lulus SMA, tapi lulusan luar negeri itu emang beneran ajib deh hasilnya, bantuan dia di skripsi gue ini bener-bener berasa, gak sampe 2 bulan dengan dibantu Ressy skripsi gue ini udah selesai dan gue tinggal menunggu sidang aja. Dan selama gue sidang Ressy meminta gue buat baca skripsi yang udah gue bikin itu dengan serius supaya pas sidang gue bisa jawab semua pertanyaan dari dosen penguji, diapun memutuskan buat gak pergi kemana-mana sama gue karena emang semua lamaran kerja dan universitas tinggal nunggu pengumuman aja.

Beberapa minggu kemudian gue sidang dengan Ressy ikutan masuk kedalem ruang sidang mensuport gue gak ketinggalan Nadya yang udah sidang sehari sebelumnya dan Onal yang baru besok akan menjalani sidangnya. Beberapa jam gue didalam dan dicecar oleh pertanyaan-pertanyaan yang bener-bener menyesakkan jiwa dan raga, tapi gue harus berhasil, gue yakin kalo gue bakalan berhasil dan ternyata emang keyakinan gue itu bukan cuman sebuah keyakinan semu, gue dinyatakan lulus sidang skripsi dengan nilai A, alhamdulillah ini bener-bener anugerah dan jawaban dari semua usaha juga doa gue selama ini. Guepun merayakannya bareng-bareng Nadya, Onal dan Ressy yang udah bersedia support gue luar dalem dengan sepenuh jiwa, pokoknya gue bakalan traktir mereka makanan enak hari ini, gak bakalan gue sia-siain bantuan kalian selama ini dalam pengerjaan skripsi gue yang amat sangat membunuh waktu-waktu bahagia gue, guepun ngajak mereka ke kedai bakso depan kampus.

“Aaah, sialan katanya mau ngajak makan enak! Ujung-ujungnya bakso dimari lagi.” Ujar Nadya ketus.

“Hahaha, kan enak bakso disini. Ressy aja doyan tuh, ya gak Res?” Jawab gue becanda.

“Hehe iya Nad, gak apa-apa lah! Ini kan traktiran dadakan, nanti kita tunggu aja traktiran berencananya haha.” Kata Ressy.

“Woh? Haha, siap deh tenang aja bakalan ada pasti makan-makan enaknya yang beneran.”

Gak sampe disitu sepertinya Allah ngasih kebahagiaan gue hari ini, waktu gue nganter Ressy pulang ke rumahnya yang juga rumah Onal gue secara yakin dan menggebu-gebu ungkapin perasaan gue selama ini ke dia, gue yakin kalo gue emang bener-bener sayang sama dia, tapi gue gak yakin dia juga punya perasaan yang sama atau enggak. Dan itulah kebahagiaan gue yang bertambah, Ressy menerima gue, dia juga memiliki rasa yang sama dengan gue, dia sayang sama gue, karena gue satu-satunya orang yang bisa dia percaya buat jaga dia, dan juga jaga Gilang anaknya.

Hubungan gue dengan Ressy sepertinya memang akan bahagia seperti diramalkan oleh beberapa kerabat dekat gue, tapi ternyata tidak. Hubungan gue dan Ressy mendapat tentangan keras dari orang tua gue yang gak setuju gue pacaran sama orang yang udah memiliki anak tapi gak jelas siapa bapaknya, terus gue pacaran tapi harus juga udah nanggung beban jadi sosok ayah buat Gilang, apa gue bisa? kalo gue gak bisa nanti kemungkinan Gilang bakalan jadi bengal sama halnya seperti gue, apa gue gak bakalan disalahkan nantinya?! Semua pertanyaan orang tua gue benar-benar bikin gue terpuruk dan berpikir lebih keras lagi buat yakinin diri gue. Tapi akhirnya gue udah gak bisa lagi buat yakinin diri gue sendiri kayak gini, guepun coba buat ngomong sama Ressy tentang keadaanya semua kayak gini, sulit buat terusin semuanya bareng-bareng. Tapi Ressy bukan wanita biasa, dia sudah terbiasa menanggung kesulitan tentang kenyataan hidupnya yang emang udah gak bisa lagi dia tolak ataupun dia ulang waktu buat perbaikin semuanya, dia harus survive hadepin semuanya.

“Aku mau coba ketemu orang tua kamu boleh?” Kata Ressy menanggapi semua cerita gue.

“Hah? Buat apaan? Kamu mau ngapain? Ngomong sama mereka? Percuma Res, mereka itu kerasa kepalanya, batu karang mah kalo diaduin kekepala mereka juga ancur itu batu.” Jawab gue menahan niatan Ressy.

“Gak sayang, aku sayang sama kamu, aku malah udah cinta sama kamu, aku yakin kamu sosok yang tepat buat Gilang, aku tau kita ini emang masih pacaran bukan nikah tapi sikap kamu ke aku, sikap kamu ke Gilang itu udah nunjukin kalo kamu pantes buat jadi imam kita berdua. Umur kita emang masih jauh buat nikah dan bener-bener jadiin kamu sebagai imam dalam sebuah keluarga, tapi gak ada salahnya kan buat latih dari sekarang, kalopun nanti Allah itu gak setuju sama semuanya juga pasti dikasih jalan kan?” Kata Ressy coba nenangin gue dan ngeyakinin gue.

“Iya sih, tapi mungkin ini caranya Allah ngasih tau ke kita kalo hubungan kita itu gak baik dan gak bisa diterusin gimana?”

“Chandra sayangku, bukannya Allah gak akan pernah ngerubah nasib suatu kaum melainkan kaum itu sendiri yang berusaha untuk merubahnya? Kalo emang ini udah jadi jalannya Allah, ya kita coba buat rubah, kalo emang gak bisa yaudah itu udah jadi takdir, tapi kalo bisa? bukannya itu pintu buat kita berdua bahagia?”

“Jadi kamu yakin mau ketemu dan ngomong sama orang tua aku?” Tanya gue meyakinkan keputusan Ressy.

“Iya, aku yakin tapi dengan ditemenin kamu juga, gak cuman aku doang!”

Akhirnya gue memutuskan ikutin apa kemauan Ressy, karena emang gue rasa cuman itu caranya ngeyakinin orang tua gue, yang jelas gue gak mau kehilangan Ressy setidaknya untuk saat ini. Gue ngerasa dia terlalu berharga buat gue, dia terlalu indah buat gue, dan itu yang bikin gue gak mau kehilangan dia. Beberapa hari kemudian gue dan Ressy datang menghadap kedua orang tua gue. Dia dicecar beragam argument tentang dirinya bahkan gue merasa kedua orang tua gue sedikit mencela keadaannya, tapi sebuah jawaban yang cukup panjang dari Ressy sepertinya berhasil membuat mata hati kedua orang tua gue terbuka.

“Siapa yang mau jadi seperti saya ini? Punya masa lalu yang bisa dibilang menjijikan dan gak bisa dibanggain. Pasti tidak ada! Siapapun pasti ingin kehidupannya berjalan dengan normal, tapi sepertinya saya harus menghadapi kenyataan kalau saya tidak lagi bisa menjalani kehidupan saya secara normal, tapi walau begitu saya selalu mencoba untuk menjadi manusia normal yang masih sangat ingin dicintai dan mencintai. Saya mencintai Chandra, dan saya rasa Chandra juga mencintai saya, apakah harus disalahkan ketika dua orang anak manusia saling mencinta? Apa oom dan tante menanggap saya ini punya kehidupan yang gak normal tapi oom dan tante sendiri yang tidak menormalkan kehidupan saya dan Chandra dengan menolak keberadaan hubungan kita berdua yang emang udah kita jalanin dengan cukup serius. Saya gak menuntut Chandra buat nikahin saya nantinya, tapi sekarang saya mau jalanin bareng-bareng Chandra, dan saya harap oom dan tante paham. Saya dan Gilang anak saya butuh Chandra buat menghibur dan isi hari-hari kita dengan kasih sayang dia, walau hanya sebagai pacar. Saya mohon dan saya sangat berharap sekali lagi oom dan tante bisa ngerti dan biarkan dulu Chandra dan saya jalanin semua sebagai pacar sama-sama, Chandra yang bisa kembaliin kepercayaan saya terhadap laki-laki lagi.”

Bokap dan nyokap gue pun gak bisa berbicara apa-apalagi, nyokap justru malah meluk Ressy dan minta maaf. Akhirnya nyokap bisa luluh dan ngebiarin gue ngejalanin semuanya sama Ressy, dia percaya gue bener seperti apa yang Ressy bilang, dengan begini gue bisa belajar jadi lebih bertanggung jawab, dan guepun janji sama kedua orang tua gue kalo keputusan mereka ngebiarin gue ngejalanin hubungan layaknya orang normal sama Ressy itu bukan keputusan yang salah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Story Ground © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers