Gue Bukan Sahabat Yang Baik!

“Hai, gue Ratih. Nama lo siapa?”

“Gue? Gue Erik, salam kenal ya.”

Ya kira-kira seperti itu perkenalan singkat waktu gue pertama kali ketemu sama Ratih cewek yang sekarang jadi temen baik gue dan bisa dibilang sebagai sahabat gue. Entah apa yang lagi dipikirin sama dia waktu itu sampe-sampe langkah kakinya bisa bawa dia kedepan gue, tangannya semena-mena diulurin ke depan muka gue, dan seenaknya nyebutin nama sendiri dengan percaya diri tinggi sembari nanya nama gue. Bisa dibilang dia itu cewek pertama semenjak gue hidup dari kecil sampe sekarang masuk dunia perkuliahan yang berani-beranian ngajak gue kenalan, bukan berarti gue jelek atau tidak menarik hanya saja mungkin karena aura gue kurang bagus untuk diajak kenalan. Pada kenyataan-kenyataannya bukan juga berarti gue ini gak pernah punya pacar atau deket sama cewek, gue pernah kok punya pacar waktu gue SMA dulu dan sayang aja waktu gue lulus SMA dia harus melanjutkan perjalanan pendidikannya ke salah satu negara asal makanan sushi, ya Jepang . Gue gak bisa mencegah apalagi melarang keputusan dia yang emang udah jadi cita-cita besar dia sejak dulu, awalnya gue pengen banget ngejalanin LDR sama dia tapi apadaya pada detik-detik kepergiannya dia menyatakan kalau dia gak akan pernah bisa buat LDR karena itu akan jadi beban buat dia menempuh pendidikannya dan cita-citanya, lagi-lagi gue harus mengerti keputusannya dan sekarang gue sekali lagi harus sabar menjalani hidup gue tanpa dia, selama hampir 3 tahun dimulai sejak gue dan dia satu kelas di kelas satu SMA sampai akhirnya lulus sekolah dan sekarang semua harus berakhir dengan alasan yang sangat mulia yakni mengejar cita-cita.


Di kampus ini dunia gue mengalami transformasi yang sangat besar, gue mencoba jadi orang yang berbeda dari saat gue SMA, dimulai dari cara berpikir yang coba gue dewasakan, penampilan yang coba gue rapihkan, dan rambut yang akan semakin gue gondrongkan hahaha, mohon maklum aja dari SMA gue adalah buruan para guru yang sangat ingin memotong rambut gue, tapi sayang singa lebih cepat meloloskan diri daripada kecepatan menembak pemburu. Tapi dari transformasi perubahan gue ada satu yang gak akan pernah bisa gue rubah, yaitu sifat alami gue sebagai seorang Erik, itu benar-benar sulit untuk diubah, blak-blakan, kekanak-kanakan, dan sedikit emosional.

Dan ketika gue berada di kampus, status gue sebagai seorang mahasiswa sudah dimulai dengan berkenalan sama seorang cewek bernama Ratih, seorang cewek tomboy, urakan, asal-asalan, tapi dari penampilannya yang tidak terlihat seperti cewek itu dia memiliki anugerah dari tuhan yang sangat luar biasa, dia cantik dan badannya sangat membentuk jelas kalau dia itu seorang wanita tulen, cowok mana yang tidak ingin menariknya ke kasur dan menyelesaikannya dengan cumshot waktu pertama kali melihat Ratih. Tidak munafik guepun seperti itu, setidaknya dengan mengalami gejolak hasrat seperti itu ketika melihat Ratih gue masih merasa seperti layaknya seorang laki-laki.

Berawal dari perkenalan absurd saat hari pertama ospek itulah gue dan Ratih jadi seorang teman dekat, bahkan bisa disebut sahabat. Banyak hal yang gue laluin bareng sama cewek ini, dari mulai susahnya nyari dosen, nahan sembelit gara-gara ngerjain proyek, sampe harus koprol gara-gara masalah percintaan masing-masing. Pernah satu saat dia bersusah-susah ngebantu gue buat dapetin cewek yang gue taksir, kalo ada award mak comblang terbaik pasti bakalan gue masukin Ratih di urutan pertama, karena emang jelas dengan usahanya buat ngebahagiain gue sahabatnya dia pun sukses bikin gue jadian sama Nada cewek yang udah selama berbulan-bulan gue taksir tapi karena minimnya kemampuan gue buat menaklukkan wanita bikin impian gue buat macarin Nada terhambat bahkan nyaris benar-benar akan hanya menjadi sebuah impian terbesar gue kalau saja Ratih gak turun tangan layaknya seorang dewi penyelamat.

Saat gue udah berhasil jadikan Nada sebagai pengisi relung hati gue yang sempat kosong karena ditinggalkan seorang kekasih waktu gue SMA, gue benar-benar mengisi hari gue bareng sama Nada, tanpa sadar gue udah sedikit melupakan keberadaan Ratih yang gue akuin sebagai sahabat gue, tapi amat sangat kurang ajar ketika gue merasa jatuh gue lebih memilih Ratih sebagai pembopong gue, Ratih selalu jadi pelabuhan gue waktu gue sedang dirundung masalah dan Ratih tetap menjalankan tugasnya dan memposisikan dirinya dengan baik sebagai sahabat gue, dia menenangkan dan membantu gue mencari solusi atas semua masalah gue. Beberapa kali hal seperti itu terjadi, ketika gue merasa diatas berbahagia sudah sangat jarang gue membagikan semua itu ke Ratih, gue lebih memilih menghabiskan waktu bahagia gue itu ke Nada cewek gue, sampe akhirnya gue dan Nada mengalami masa krisis dan pada ujung ceritanya gue harus kembali mengalami kenyataan berat karena harus putus sama Nada dikarenakan dia memiliki pacar lagi selain gue, sungguh amat sangat sakit sekali ketika gue tau keadaan itu. Tapi apa yang bisa gue buat? Terus-terusan menyesali kondisi dan menyalahkan keadaan? Itu sama sekali gak membantu gue.

Saat berada dalam kondisi ini lagi-lagi Ratih datang menjalankan tugasnya sebagai sahabat gue, dia buat gue kembali yakin kalau gue gak bisa terus-terusan ada didalam kondisi seperti ini. Waktu itu Ratih justru sedang berbahagia karena memiliki seorang kekasih baru, dengan label sahabat terbaik gue dia tetap datang, dia coba melupakan kebahagiaannya dengan pacar baru dan masuk kedalam kehidupan gue ikut merasakan keterpurukan gue. Keberadaan Ratih bikin gue terus bangkit, gue pun meminta maaf ke Ratih dan dengan mudahnya dia memaafkan gue atas apa yang udah gue lakuin selama gue pacaran sama Nada.

Guepun gak lagi punya pacar sampai beberapa lama, dan Ratih bersama pacarnya sudah masuk tahun kedua, jujur dengan sangat berat hati gue merasa iri atau lebih tepatnya cemburu. Gue cemburu ada orang lain yang bisa memiliki Ratih, entah apa yang gue rasakan saat itu, gue sayang sama ratih dan rasa sayang yang gue rasain bukan lagi sebagai sahabat, gue pengen Ratih jadi pacar gue. Tapi apa mungkin? Dia itu sahabat terbaik gue, dia itu orang yang bisa bikin gue ngerasa ada didalam diri gue sendiri waktu gue sama dia. Ya atas dasar menjunjung tinggi nilai-nilai persahabatan gue coba hilangkan rasa yang gak seharusnya ada itu, walau perih tapi ku baik-baik saja kalau kata Pinkan Mambo.

Beberapa bulan kemudian Ratih putus dengan pacarnya, ada rasa iba tapi ada juga rasa bangga didalam diri gue, aneh memang tapi itu adalah kenyataannya. Gue dan Ratih kembali menjadi sahabat seperti yang lalu, sama-sama jomblo tapi gak ngenes, sama-sama bahagia walau tanpa cinta. Pada keadaan dan kondisi sekarang ini, benar-benar waktu gue lebih banyak habis bareng-bareng Ratih, sampai akhirnya kita berdua menyelesaikan skripsi dan lulus di wisuda bareng-bareng. Setelah lulus gue dan Ratih mencari pekerjaan bareng juga, sulit dan benar-benar bikin setres tapi gue ngerasa sama Ratih gue pasti bisa kok laluin semua kayak gini terus dan pada akhirnya kita berdua pasti bisa bahagia dengan cara masing-masing atau cara kita berdua.

Gak lama sekitar beberapa minggu kemudian Ratih mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan ditambah dia memiliki pacar baru yang sangat dia sayang, sedangkan gue? Ya, belum ada yang bisa menerima gue sebagai karyawan apalagi sebagai pacar, tapi Ratih tidak lantas sombong karena sudah mendapat pekerjaan lebih dulu dibanding gue, dia terus membantu gue mencarikan pekerjaan, sembari menjadi pengangguran gue mencoba peruntungan gue dengan memanfaatkan keahlian yang gue punya, gue coba untuk menjadi seorang photografer dan hasilnya ternyata tidak juga bisa dibilang gagal, Ratih terus mensupport gue dengan berbagai cara, dari mulai dana untuk gue ikutan pameran sampe moral dan inspirasi supaya gue bisa terus berkarya.

Pada suatu hari waktu gue sedang take photo untuk sebuah sampul majalah, Ratih SMS meminta gue untuk dateng ke rumahnya saat itu juga, entah ada apa tapi gue coba untuk secepat mungkin menyelesaikan pekerjaan gue dan langsung meluncur ke rumah Ratih, sampai disana apa yang gue dapet? Nothing, waktu gue sampe dirumahnya dan duduk di teras rumah ditemani semilir angin malam yang cukup mengigit kulit gue hanya disuguhkan teh panas dan suasana sepi tanpa ada satupun kata yang terucap dari mulut Ratih. Berulang kali gue tanya ada apa tapi hanya suara jangkrik yang membalas pertanyaan gue itu. Kesal sudah pasti, guepun marah dan lebih memilih untuk pergi meninggalkan Ratih sendiri, gue beranjak dari rumah Ratih menuju pulang ke rumah.

Sampe di rumah gue liat handphone dan ternyata ada SMS dari Ratih yang bernada sangat marah dan kecewa.

“Kenapa lo malah tinggalin gue sendirian?” Isi SMS Ratih saat itu.

Tanpa membuang waktu guepun langsung membalas dengan nada yang tidak kalah kesalnya. “Lo tau kan gue paling males kalo duduk, berdua gak ada yang dibicarakan, gak ada yang dilakukan, cuman diem, gak ada kata-kata, gak ada perbuatan? Terus kenapa gue harus tetep ada disitu sedangkan gak ada yang kita lakuin disitu.”

“Maaf kalo gue jadi nyebelin karena gue cuman diem bahkan gue gak jawab pertanyaan lo, tapi dengan adanya lo disini, dideket gue, disamping gue, setidaknya gue ngerasa kalo gue ini gak sendiri. Andai lo bisa sedikit lebih sabar menunggu, pasti gue bakalan cerita kok, bakalan gue kasih tau ada apa sebenernya sama lo, karena emang lo doang yang bisa tau keadaan gue dan tau gimana caranya buat ngembaliin gelak tawa gue. Gue cuman mau nenangin diri gue dulu sebelum gue siap buat cerita semuanya ke lo! Gue pikir lo itu sahabat gue yang terbaik dan mau ngelakuin apa aja demi gue sahabat lo.”

Membaca SMS balasan Ratih buat gue gak bisa nahan air mata gue, dan gue gak bisa bebicara banyak selain “Maaf, I’m sorry. Gue bukan sahabat yang baik.” Ya hanya itu SMS yang bisa gue balaskan ke Ratih.

“Lo emang bukan sahabat yang baik, gak perlu lo kasih tau gue udah tau! Tapi dengan gue ngeliat lo gue ngerasa kayak lagi ngaca, gue ngerasa ngeliat diri gue sendiri dr dalem diri lo! Andai aja lo bisa ngerti gimana perasaan gue sama lo, gue sayang sama lo Rik! Gue cuman mau lo ada disamping gue, karena lo yang bisa bikin gue tenang dan nyaman.” Balas Ratih lagi.

Gue lagi-lagi gak bisa berbuat banyak, ternyata Ratih punya perasaan yang sama, dia sayang sama gue walau gue gak tau sayang sebagai apa, tapi dari cara dia menyampaikannya sepertinya jelas kalau dia juga sayang sama gue dan ingin jadi lebih sebagai sahabat. Kali ini bener-bener gue gak tau harus membalas SMS Ratih apa, dan akhirnya gue cuman bisa bales “Gue bener-bener minta maaf Tih.”

Ratih gak pernah lagi membalas SMS gue, dan gue selalu merasa gak enak untuk SMS Ratih lebih dulu, dan karena itu semua gue dan Ratih akhirnya lost contact. Kurang lebih setahun tiba-tiba dia dateng ke rumah gue, tadinya gue pikir ini adalah pertanda baik dan mungkin ini adalah awal dari semua yang dulu pernah rusak, gue bakal ngejalanin sama Ratih lagi kayak dulu dan jujur gue pengen banget ungkapin perasaan gue yang sebenernya ke Ratih. Tapi ternyata itu hanya ada di angan gue, Ratih dateng ke rumah gue saat itu punya tujuan khusus, dia mau ngasih gue undangan pernikahan dia. Bagai disambar Tia Tanaka dikursi tamu gue gak bisa berkata dan berbuat apa-apa cuman bisa menikmati keadaan yang sebenernya gue gak mau ada didalem kondisi kayak gini, tapi apalah daya gue disini hanya sebagai teman, untuk gue sebut sebagai sahabatpun gue takut salah. Waktu itu gue dan Ratih kembali ngobrol banyak, saling bertukar pin BB, cerita, walau sebenarnya gue pengen banget bertukar posisi dengan sang calon mempelai pria di undangan itu.

Tepat pada hari H gue masih coba untuk berbesar hati menerima kenyataan kalau Ratih harus dipinang oleh orang lain, labil antara mau dateng atau enggak dan pada akhirnya gue putuskan untuk memenuhi undangan itu dan hadir tepat pada acara sedang dipenuhi pengunjung, karena bagaimanapun dia itu sahabat gue yang udah banyak berjasa dan begitu banyak cerita yang gue laluin sama dia. Awalnya gue emang udah bisa mengikhlaskan diri, tapi saat gue masuk ke gedung tempat dimana acara pernikahannya diselenggarakan gue bener-bener gak mampu buat jadi orang yang bener-bener ikhlas, gue hanya memberi ucapan selamat untuk kedua orang tuanya yang kebetulan gak lagi duduk di atas pelaminan, dan gak lupa gue memasukkan amplop berisi uang kedalam kotak yang disediakan, setelah itu gue berlalu pulang meninggalkan semuanya.

Gue pikir semua sudah selesai, sampe rumah gue cek handphone gue dan ternyata ada BBM dari Ratih yang berisi lagi-lagi kalimat kekecewaan. “Gue gak butuh angpao lo! Asal lo tau gue cuman mau sahabat gue yang terbaik liat gue dengan gaun pengantin gue dan kasih selamat langsung ke gue!”

Dan gue dengan sedikit berat harus membalas. “Maaf, sekali lagi gue bilang Tih, gue bukan sahabat yang baik. Dan asal lo tau juga, gue gak sekuat itu buat liat orang yang paling gue sayang pake gaun pengantin dengan orang lain disebelahnya.”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Story Ground © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers